Laboratorium

Lab. Bimbingan dan Konseling

Kepala Laboratorium Deasy Yunika Khairun, M.Pd. NIP 198812072018032002

Laboratorium Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (BK FKIP UNTIRTA) sebagai kelengkapan Prodi BK mempunyai fungsi utama dalam memberikan pelayanan akademik bagi mahasiswa yang melaksanakan praktik sesuai dengan mata kuliah praktikum. Melalui kegiatan laboratoris diharapkan penerapan teori dan konsep yang dipelajari dapat dilakukan untuk selanjutnya dapat di implementasikan dalam kegiatan dan lingkungan yang lebih nyata baik di sekolah maupun di masyarakat. Kegiatan laboratoris baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen diharapkan memberikan pengalaman untuk dikaji sehingga menjadi inovasi dari saat ke saat dalam mengembangkan layanan bimbingan dan konseling. Temuan dan hasil kajian dapat menjadi bahan dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang dibutuhkan secara langsung terutama dalam membantu siswa, guru pembimbing (konselor), orang tua dan lembaga atau masyarakat yang membutuhkan pengembangan sumber daya manusia.

Visi
Visi Laboratorium Bimbingan dan Konseling adalah Tersedianya fasilitas praktik, pengembangan dan pelayanan bimbingan dan konseling untuk mendukung Program Studi Bimbingan Konseling sebagai penghasil Sarjana Pendidikan dalam Bidang Bimbingan Konseling yang Maju, Bermutu, Berdaya Saing dan Berkarakter JAWARA dalam Kebersamaan pada Tahun 2025.

Misi
Sedangkan misi laboratorium Bimbingan dan Konseling adalah :
1. Memfasilitasi perkuliahan praktik yang bermutu dalam menghasilkan sarjana pendidikan dalam bidang bimbingan dan konseling.
2. Melaksanakan penelitian dan mengembangkan ilmu bimbingan dan konseling yang berdaya saing dengan bereputasi nasional dan internasional.
3. Memfasilitasi pengabdian masyarakat yang melembaga dan Berkarakter JAWARA dengan memberikan pelayanan bimbingan dan konseling.
4. Membangun networking dengan stakeholder untuk mendorong pencapaian pengembangan keprofesian di bidang bimbingan dan konseling.
5. Melaksanakan budaya akademik di laboratorium bimbingan dan konseling dengan berdasarkan motto Untirta yaitu kerja keras dan cerdas yang dilandasi keikhlasan bernilai ibadah.

Tujuan
Laboratorium Bimbingan dan konseling didirikan dengan tujuan:
1. Menghasilkan menghasilkan sarjana pendidikan yang bermutu dalam bidang bimbingan dan konseling.
2. Menghasilkan penelitian dalam ilmu bimbingan dan konseling yang berdaya saing dengan bereputasi nasional dan internasional.
3. Menghasilkan pengabdian masyarakat yang melembaga dan Berkarakter JAWARA dengan memberikan pelayanan bimbingan dan konseling.
4. Terjalin networking dengan stakeholder untuk mendorong pencapaian pengembangan keprofesian di bidang bimbingan dan konseling.
5. Terciptanya budaya akademik di laboratorum bimbingan dan konseling dengan berdasarkan motto Untirta yaitu kerja keras dan cerdas yang dilandasi keikhlasan bernilai ibadah.

Fasilitas Laboratorium Bimbingan dan Konseling
1. Lokasi : Jl. Raya Ciwaru No. 5 Kota Serang
2. Fasilitas : Ruangan Konseling, Ruangan Observasi, Ruangan Bimbingan Klasikal, Rungan Referensi/Bimbingan Kelompok, Ruangan Kepala dan Staf.

Kerjasama/Pelayanan Laboratorium Bimbingan dan Konseling
Kerjasama yang dilakukan oleh layanan Bimbingan dan Konseling dengan berbagai pihak, terutama pihak-pihak yang memanfaatkan jasa layanan layanan Bimbingan dan Konseling baik sekolah maupun lembaga lain seperti bank, sekolah tinggi, penyelenggara bimbingan belajar yang berkepentingan dalam pengembangan sumber daya manusia. Selian itu, kerjasama juga dilakukan dengan asosiasi profesi ABKIN baik tingkat nasional maupun pengda Banten dalam pelatihan bagi guru pembimbing.

Pengguna
Pengguna Laboratorium Bimbingan dan Konseling adalah Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Untirta dan masyarakat umum. Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Untirta yang secara teknis sudah memenuhi administrasi untuk melakukan praktikum/ penelitian/ pengujian di laboratorium. Sedangkan masyarakat umum berkerjasama dalam kegiatan:

1. Bimbingan dan Konseling :
a. Akademik/Pembelajaran
b. Sosial
c. Pribadi
d. Karir
e. Pra Nikah
f. Pernikahan dan Keluarga,
g. Pasca Trauma
h. Berkebutuhan Khusus dll

2. Perencanaan Individual dan Assesmen Psikologis :
a. Intelegensi / Kecerdasan,
b. Minat,
c. Kepribadian,
d. Kematangan Perkembangan,
e. Potensi Akdemik,
f. Kematamgam Pendidikan Dasar,
g. Kreativitas dan Kepemimpinan.

3. Pendidikan dan Pelatihan :
a. Keterampilan Dasar Sosial
b. Keterampilan Dasar Pribadi
c. Keterampilan Dasar Akademik
d. Keterampilan Dasar Hubungan yang Membantu
e. Keterampilan Dasar Bimbingan Kelompok,
f. Keterampilan Dasar Konseling Kelompok,
g. Pengembangan Rencana Karir,
h. Keterampilan Mengelola Diri,
i. Keterampilan Mengelola Stres,
j. Pengembangan Sumber Daya Manusia,
k. Manajemen Bimbingan Dan Konseling Sekolah
l. Bimbingan dan Konseling pada Komunitas/ Masyarakat / Institusi Non Pendidikan,
m. Bimbingan dan Konsleing Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
n. Outbond Training.


EKSPRESSION


PRAKTIK BIMBINGAN KELOMPOK


PRAKTIK KONSELING INDIVIDU